• Total Warisan Budaya Benda : 28
  • Total Warisan Budaya Tak Benda : 76

Permainan Bentengan

2019-10-29 .. Permainan Tradisional .. Dilihat sebanyak 2578 kali .. Helmi Yulia


Bentengan merupakan permainan tradisional dari Jawa-Banten yang memerlukan ketangkasan, kecepatan dan strategi yang handal. Permainan ini termasuk salah satu permainan yang diminati anak-anak untuk mengisi waktu luang pada masanya.

Permainan ini dimainkan oleh dua grup yang masing-masing  terdiri dari 5 orang atau lebih. Permainan ini disebut bentengan karena setiap grup harus mempunyai satu benteng/markas, tujuan permainan ini adalah menyerang dan mengambil alih benteng/markas lawan. Permainan ini merupakan salah satu permainan yang cocok untuk digunakan berolahraga. Hal ini di sebabkan karena pada setiap pemain di haruskan untuk berlari mengejar atau menangkap lawan. Adapun aturan dalam permainan ini adalah :

  1. Terdiri dari dua grup yang masing-masing terdiri dari 5 orang atau lebih.
  2. Masing-masing memilih pilar atau boleh benda lain yang biasa dijadikan sebagai “benteng/markas”.
  3. Para anggota kelompok akan berusaha menyentuh lawan dan membuatnya “tertawan/tertangkap”.
  4. Pemain harus sering kembali dan menyentuh bentengnya karena “penawan” dan yang tertawan di tentukan dari waktu terakhir menyentuh “benteng”.
  5. Orang yang paling dekat waktunya menyentuh benteng berhak menjadi “penawan”. 
  6. Pemain bisa mengejar dan meyentuh anggota lawan untuk menjadikan mereka tawanan.
  7. Pemenang dari permainan ini dapat di tentukan dari kelompok mana yang terlebih dahulu dapat menyentuh benteng dari kelompok lawannya dan meneriakan kata “Benteng”. 

 

Manfaat dari permainan ini adalah dapat melatih kecepatan atau kelincahan dalam berlari.Dapat melatih daya tahan tubuh dan kekuatan tubuh karena dalam permainan ini pemain di tuntut untuk selalu berlari menangkap lawan-lawannya. Dapat melatih kerjasama antar tim untuk mengalahkan kelompok satu sama lainnya. Jadi permainan bentengan ini mempunyai banyak manfaat. Selain untuk menghibur permainan ini juga dapat memberikan kebugaran jasmani dan juga berpikir strategi permainan. Strategi dalam permainan bentengan biasanya para setiap kelompok membagi masing anggota kelompoknya menjadi “penyerang, mata-mata, pengecoh dan yang menjaga benteng”.

Tugas dari penyerang adalah mencari celah untuk menyentuh benteng lawan. Mata-mata bertugas untuk mencari lawan yang bersembunyi, sedangkan pengecoh bertugas untuk mengecoh pemain lawan agar tidak fokus, dan tugas yang paling penting adalah penjaga benteng yaitu untuk melindungi benteng dari serangan pemain lawan dengan cara apapun. 

Referensi :

https://satubanten.com/manfaat-permainan-tradisional-bentengan/

Referensi gambar :

http://www.majalahsuarapendidikan.com/2018/10/menumbuhkan-karakter-anak-didik-melalui.html


Share Artikel:

Video Terkait



Lokasi Terkait

Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten 42191, Indonesia